Pages

Minggu, 12 Juni 2011

Contoh soal Ekbang UAS ;) part 1

SUMBANGAN SOAL UAS EKONOMI PEMBANGUNAN I
TAHUN AKADEMIK 2009-2010
DOSEN: MUHAMMAD FINDI A


I. SOAL ESSAY
1. Mengapa Problem migrasi dari desa ke kota (rural-urban migration), khususnya penciptaan lapangan pekerjaan di perkotaan, jauh lebih sulit dibandingkan penciptaan lapangan pekerjaan di perdesaan? Jelaskan alasan-alasan Anda secara kritis !

2. Coba Anda analisis hubungan antara tingkat pendidikan bagi kaum wanita dengan tingkat fertilitas dan kesehatan anak! Berikan contohnya untuk kasus di negara berkembang dan negara maju!

3. Jelaskan setidak-tidaknya 3 (tiga) faktor yang menyebabkan terjadinya Penurunan nilai riil perdagangan dunia !

4. Mengapa negara-negara berkembang menerima bantuan/donor keuangan dari negara-negara maju? Jelaskan alasan Anda dalam perspektif Ekonomi, Politik dan pertimbangan Moral !


Soal Dari Fifi

Pertemuan 8 : Pertumbuhan Penduduk dan Permasalahannya
1. Jelaskan Model Malthus yang anda ketahui terkait dengan masalah pertumbuhan penduduk. (Akan lebih baik apabila anda dapat menjelaskannya dengan bantuan kurva)
2. Sebutkan tiga kritikan terhadap Model Malthus !

Pertemuan 9 : Pengangguran, Urbanisasi dan Migrasi
1. Dilihat dari sudut pandang Makro, sebutkan penyebab depresi barat tahun 1930 dan jelaskan teori yang menjadi dasar pada saat itu.
2. Sebutkan dan jelaskan tiga dari empat model Harod Domar.

Pertemuan 10 : Pendidikan dan Pembangunan
1. Sebutkan nilai positif dan negatif adanya pendidikan bertaraf Internasional yang sedang marak di Indonesia sekarang ini. Coba anda beri contoh kasus nyata apabila dilihat dari nilai positifnya.
2. Coba jelaskan arti dari Brain Drain, dan sebutkan efeknya terhadap pembangunan di sebuah negara.

Pertemuan 11 : Transformasi Pertanian dan Pembangunan Daerah Pedesaan
1. Sebutkan dan jelaskan 3 tahapan di sektor Pertanian.
2. Banyak terjadi persengketaan di Indonesia yang disebabkan oleh ketidakjelasan masalah Land Tenure. Dari sudut pandang anda, apakah yang menjadi penyebab terjadinya sengketa ini, apakah hanya Indonesia yang mengalami masalah Land Tenure ? (Kaitkan teori Myrdal).

Pertemuan 12 : Lingkungan dan Pembangunan
1. Pada awal tahun 2000-an marak dibahas topik mengenai Privatisasi Air. Jelaskan pendapat anda mengenai isyu ini. Tepatkan kebijakan ini diberlakukan di Indonesia? Batasan jawaban anda dengan kata kunci : Populasi, Sumber daya alam dan Lingkungan hidup.
2. Apakah ada hubungan antara Lingkungan hidup dan kemiskinan? Coba anda jelaskan dengan contoh kasus negara.

Pertemuan 13 : Teori Perdagangan dan Strategi Industrialisasi
1. Dalam Teori Tradisional, dikatakan bahwa sangat perlunya Perdagangan Internasional. Coba anda jelaskan pernyataan ini.
2. Bagaimana Perdagangan Internasional mempengaruhi tingkat struktur dan karakter pertumbuhan ekonomi di Negara sedang Berkembang?

Pertemuan 14 : Neraca Pembayaran
1. Sebutkan dan jelaskan motif sebuah negara memberi bantuan kepada negara lain. Untuk kasus Indonesia, motif manakah yang lebih dominan dipilih oleh negara pendonor?
2. Dengan situasi dan kondisi Indonesia sekarang, apa pendapat anda terhadap hubungan Luar Negeri Indonesia?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar